Cara Laptop Bisa Internet Tanpa Jaringan Apapun Tapi Bisa Sharing

Ditulis Oleh Rifki Andrean Pada Hari Selasa, 11 Februari 2014

Cara Laptop Bisa Internet Tanpa Jaringan Apapun Tapi Bisa Sharing bisa dikatakan Emergency Jaringan.
Pernahkah anda semua yang membaca ini membayangkan pada saat darurat, contohnya saat bencana alam dan saat itu anda akan membagikan berita kepada orang lain tetapi ada satu hal yang menghalanginya yaitu tidak ada jaringan LAN, WLAN dan lainnya. Anda akan berbuat apa jika begitu? Nah ini gunanya mengunakan trik Jaringan ADD HOC. Apa itu?
  1. Jaringan Adhoc dapat digunakan pada situasi emergency atau gawat darurat didaerah yan terkena bencana seperti gempabumi yang mengakibatkan tidak adanya infastruktur yang mendukung, sehingga memerlukan jaringan komunikasi sementara untuk berbagi informasi.
  2. Misal anda menggunakan laptop dan ingin bertukar/sharing file ama kawan anda, tetapi tidak ada flashdisk ataupun sinyal wireless yang dapat digunakan untuk tujuan anda itu, anda dapat menggunakan jaringan adhoc untuk transfer file tersebut
  3. Contoh penggunaan lainnya adalah seperti yang biasa saya lakukan bersama kawan-kawan seperjuangan saya dikelas untuk bermain game local Warcraft Dota Allstars, itu loh game yang dah lama entu. Dulu saya ama kawan-kawan kalau mau maen local harus menggunakan kabel LAN dulu baru bisa maen sama”.Setelah mengetahui guna jaringan adhoc sekarang jadi make Adhoc terus dah buat main.
Anda sudah baca semuanya pasti sudah mengertikan? cara untuk membuat jaringan add hoc dengan cara menggunakan CMD. Pasti pada user laptop atau komputer sudah tidak asing lagi dengan CMD. CMD adalah alat untuk memerintahkan sesuatu di dalam system komputer dan laptop secara manual.

Keunggulan Jaringan Ad Hoc
Keunggulan jaringan ad hoc dibanding dengan jaringan seluler ataupun jaringan
infrastruktur yang ada sekarang meliputi:
  1. Setting access point yang permanen ataupun backbone dari infrastruktur tidak selalu mudah, mengingat.
  2. Tidak memerlukan dukungan backbone infrastruktur sehingga mudah diimplementasikan dan sangat berguna ketika infrastruktur tidak ada ataupun tidak berfungsi lagi.
  3. Mobile node yang selalu bergerak (mobility) dapat mengakses informasi secara real time ketika berhubungan dengan mobile node lain, sehingga pertukaran data dan pengambilan keputusan dapat segera dilaksanakan.
  4. Jaringan ad hoc ini dapat digunakan untuk waktu yang singkat (short-term usage) ataupun fleksibel terhadap suatu keperluan tertentu karena jaringan ini memang bersifat sementara.
  5. Jaringan ini dapat direkonfigurasi dalam beragam topologi baik untuk jumlah user kecil hingga banyak sesuai dengan aplikasi dan instalasi (scalability). Standar jaringan ad hoc adalah IEEE 802.11 merupakan standar transmisi data wireless digital pada band frekuensi 2.4 GHz Industrial, Scientific, and Medicine (ISM), sebagai pendukung wireless LAN antara komputer portabel dan jaringan infrastruktur tetap (seluler dan PSTN). Standar ini juga menjelaskan layer fisik dan protokol MAC. Teknologi yang digunakan pada standar ini adalah direct sequence spread spectrum yang dapat mencapai laju bit hingga 11 Mbps pada band frekuensi 2.4 GHz. Pada masa yang akan datang laju bit bisa mencapai 54Mbps pada band frekuensi 5GHz. Sedangkan metode akses IEEE 802.11 protokol MAC adalah Distributed Coordination Function, yaitu protokol MAC Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance (CSMA/CA).
CARA CARA SEBAGAI BERIKUT :
1. Silahkan klik start --> klik search ketikan cmd --> lalu klik kanan lalu pilih run as administrator
2. Lalu kita buat perintah adhoc ketikan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama wireless key=terserah anda . untuk ssid adalah nama wifi yang nanti terdeteksi pada komputer lain, dan key adalah password yang harus dimasukan untuk bisa mengakses adhoc kita.
3. kemudian kita lakukan start ketikan perintah netsh wlan start hostednetwork

4. Dan sekarang coba sobat lihat pada  komputer lain apakah adhoc kita telah berhasil dibuat, karena jika
    kita melihat pada komputer sendiri jaringan adhoc tidak akan tampil
5. Sekarang jaringan adhoc pada widows telah berhasil dibuat dan silahkan menikmati

Ditulis Oleh : Rifki Andrean Admin dari www.mamangtutorial.blogspot.com

Rifki Andrean Assalamualaikum WR, WB.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Laptop Bisa Internet Tanpa Jaringan Apapun Tapi Bisa Sharing yang ditulis oleh Rifki Andrean yang berisi tentang "Cara Laptop Bisa Internet Tanpa Jaringan Apapun Tapi Bisa Sharing" Apabila anda sedang membaca, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Hak cipta dilindungi oleh monitoring artikel.

Blog, Updated at: Selasa, Februari 11, 2014

2 komentar:

Mari Bantu Artikel Ini, Join Sekarang !

Pencarian


mamangtutorial.blogspot.com© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu